Lowongan CPNS

Tiap kali pulang kerja, sepanjang jalan yang aku lalui selalu “disuguhi” pemandangan orang jualan informasi cpns. Suatu pemandangan yang umum terjadi setiap bulan september dan april yang konon katanya dibulan-bulan itu banyak kantoran negri yang membutuhkan tenaga kerja.

Aku heran kenapa begitu banyak orang yang berkeinginan kuat untuk menjadi seorang pegawai negri, kenapa tidak yang “luar negri”. Kalau dulu sich katanya jadi seorang pegawai negri itu kebangaan walaupun gajinya kecil, namun karena dapat pensiunan maka dibela-belain sampai membeli agar dapat diterima.Padahal klo cuman untuk mendapatkan dana pensiun dan tunjangan beras, sekarang udah banyak perusahaan ato instansi yang memberikannya. Ato klo tidak ya kita sendiri yang menyisihkan untuk ditabung yang selanjutnya untuk investasi ato masukin deposito beres khan? tiap bulan juga dapat hasil tidak usah nunggu pensiun, selamanya lagi. Klo dana pensiun paling cuman sampai istri ato suami doang, abis itu ya abis ndak dapat lagi.

Nah sekarang jaman dah berkembang, termasuk urusan penerimaan pegawai negri, semakin cangih juga cara masuk serta semakin hebat orang untuk mencari keuntungan dibalik lowongan cpns secara baik maupun penipuan.

Aku punya cerita yang mungkin bisa untuk menambah info tentang seputar kriminal melalui cpns. Tepatnya aku dah lupa, mungkin sekitar 3 sampai 4 tahun yang lalu ada seseorang yang tertipu gara-gara cpns. Waktu itu korban ditawari untuk dibantu agar bisa lolos jadi pns, tanpa pikir panjang disanggupinya walau dengan mengorbankan tidak sedikit uang. Setelah melalui beberapa tahap penyaringan umum. Setelah ada pengumuman namanya tidak tercantum pada daftar yang diterima, tentu ia langsung mencari orang yang katanya bisa membantu itu, nah sama orang yang membantu dibilangin, “tenang aja, didalam daftar memang tidak tercantum karena kamu lewat jalur belakang, jadi tidak dicantumkan agar tidak ada yang curiga, pokonya tunggu aja beberapa hari surat penerimaan akan dikirim”

Selang beberapa hari, benar saja surat itu datang,persis seperti surat yang diterima oleh temenya yang diterima jadi pns secara “normal”. Nah sekarang tinggal menunggu surat penugasannya. Karena tak kunjung dapat surat penugasan, iapun mendatangi “pembantunya lagi”. Jawabnya sama aja,”tunggu, nanti juga akan dikirimi kok”.

Hatinyapun sangat gembira manakala ada pak pos yang mengantarkan surat penugasannya. Keesokan hari dengan rasa senang yang mendalam didatanginya kantor tempat ia ditugaskan, dengan mantap ia masuk ruangan pimpinan untuk melapor, tetapi alangkah terkejutnya tatkala sang pimpinan tidak menerimanya karena tidak terdaftar sebagai karyawan baru diinstansinya. “Lho kok bisa saya tidak tercantum disini”, tanyanya penuh kegalauan dalam bimbang. Padahal jelas-jelas ditulis didalam surat penugasan itu.

Usut punya usut ternyata surat penerimaan maupun penugasan itu palsu. Si “pembantu” dengan mudah membuat surat pengangkatan maupun penugasan yang sama persis dengan aslinya karena ia merupakan pegawai negri juga dan ternyata orang ini memang telah sering melakukan penipuan dengan modus yang sama walaupun “katanya” telah dipindah bahkan dipecat.

Semua itu tentunya tdak akan terjadi jika tidak ada “persengkongkolan” dengan orang dalam untuk mengeruk keuntungan. Nah……yang penting sekarang, klo mau mencari kerjaan itu dengan jalan yang benar dan jangan mudah percaya. Lha wong mau cari duit kok malah kehilangan duit……………………

One thought on “Lowongan CPNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s