Bunga Kenanga penyembuh Bronkhitis

DI BALIK AROMA EKSOTIS BUNGA KENANGA

Gampang Sembuhkan Bronkhitis

*Dibuat salep penangkis gigitan serangga

Naluri mempercantik diri kaum hawa sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu. Beragam bahan alami digunakan. Minyak zaitun, misalnya, digunakan masyarakat Mesir dan Yunani sejak zaman purba. Sedang di Jawa, terutama di zaman kerajaan, digunakan bahan hayati untuk tujuan kecantikan. Juga beragam tanaman untuk bahan wewangian. Namun kenanga (Canangium odoratum Baill) tak hanya dimanfaatkan aromanya, melainkan juga untuk kesehatan.

 

KITA semua tahu bahwa keharuman kenanga amat khas. Bahkan dinilai sama eksotisnya dengan melati (Jasminum grandiflorum). Lumrah bila banyak digunakan dalam aromaterapi. Hanya dengan mencium aromanya, orang akan segera mengenali bunga kenanga.Tampilannya memang tak begitu menarik. Mahkota bunganya tidak memiliki warna yang sedap dipandang. Bahkan warnanya menyerupai daun yang menguning. Selagi muda, bunga ini berwarna hijau.Bunganya tumbuh berkelompok, terdiri dari 6-10 kuntum pada satu tangkai. Mahkotanya berbentuk pita terpilin sepanjang 5-10 cm.
Kenanga diduga berasal dari Asia Tenggara dan dapat tumbuh mencapai tinggi 30 meter. Bunganya banyak diperdagangkan sejak zaman dulu di Jawa, terutama untuk membuat minyak cem-ceman yang sering digunakan para wanita. Selain menyuburkan dan menghitamkan rambut, aromanya juga mengundang daya tarik. Karena itulah kenanga dikenal sebagai pohon parfum. Bagian tanaman yang dapat digunakan dalam kosmetika dan terapi herbal adalah bunganya. Bunga kenanga dapat diambil minyak atsirinya. Kandungan kimia dalam bunga kenanga adalah benzoic, farnesol, geraniol, linalool, benzyl acetate, eugenol, safrol, cadinene dan pinene. Bahan-bahan kimia tersebut mudah menguap dan sangat baik untuk aromaterapi. Minyaknya juga digunakan untuk campuran masker dan lulur.

 

BERDASAR pengalaman empirik nenek moyang, kenanga dapat digunakan untuk menyembuhkan panas badan, hati nyeri, bronkhitis, sesak napas, limpa bengkak dan malaria. Banyak herba dapat digunakan untuk menyembuhkan bronkhitis. Selama ini, herba-herba yang kita ketahui sering digunakan adalah patikan kerbau, kembang sepatu, pegagan, lengkuas, bayam duri dan bidara upas. Hanya sedikit yang tahu bahwa kenanga sebenarnya juga dapat digunakan untuk melawan bronkhitis. Cara meraciknya amat gampang, ambil 2 kuntum bunga kenanga, rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum sekaligus. Lakukan cara ini 2 kali sehari secara teratur hingga sakitnya sembuh.
Di Philipina, kenanga juga digunakan untuk membuat minyak rambut dan hair tonic. Bahkan dibuat salep yang digosokkan ke seluruh tubuh untuk menangkis serangan penyakit di musim hujan. Setidaknya dapat menangkal gigitan nyamuk dan serangga berbisa termasuk ular.

 

 

 

DALAM famili annonaceae terdapat varietas kenanga lainnya yang juga menghasilkan minyak kenanga yang disebut dengan ylang-ylang. Varietas inilah yang banyak dibudidayakan di Philipina. Sementara varietas lainnya tumbuh di Madagaskar dan pulau Comores. Berbeda dengan tanaman keras lainnya, pohon kenanga berbunga sepanjang tahun. Dalam perdagangan herbal, minyak kenanga dikenal dengan nama cananga oil. Dihasilkan dari penyulingan bunganya. Dibanding sekitar 70 macam minyak atsiri lainnya, cananga oil tak mudah menguap karena mengandung unsur terpene dan sesquiterpene. Minyak kenanga digunakan untuk memroduksi wewangian bahan-bahan kosmetik di Eropa dan Amerika. Di Jawa, aromanya sering menebar dalam setiap upacara tradisional, karena kenanga dan melati memang merupakan bunga yang menghasilkan aroma yang khas. Bahkan dalam kepercayaan Jawa, kenanga dikenal sebagai bunga yang dapat menangkal black magic. Karena itulah di zaman dulu pohon kenanga mudah kita jumpai di setiap pekarangan rumah. Sayang sekarang sudah jarang atau sangat langka ditemui di pekarangan penduduk. Di pedesaan sekalipun. Mungkin karena tampilan bunganya yang out of date.

11 thoughts on “Bunga Kenanga penyembuh Bronkhitis

  1. klo untuk bisnis dibidang ini saya kurang paham pak, tetapi sebagai gambaran rencananya obat herbal akan dikembangkan di Indonesia malah Indonesia sebagai salah satu barometer di Asia. Nah saya kira tanaman obat di Indonesia mempunyai prospek yang tinggi tetapi harus diingat, karena digunakan untuk obat maka perlakuannya harus sesuai dengan standar pengolahan obat tradisonal yang terstandarisasi, jadi tidak boleh sembarangan.

  2. assalaamualaikum wr wb
    pak, mohon bantuan saya mau ngembangkan minyak atsiri dari bunga kenanga. namun saya belum tahu prospek, penampung dan cara memperoleh minyak yang berkualitas.

    jazakallah khoiron katsiro

  3. Selamat siang Pak. Saya baru saja menebangi pohon2 palem yg saya tanam diluar pagar rumah karena sdh terlalu tinggi dan tidak indah lagi. Sudah dua minggu ini saya mencari pohon penggantinya yg nantinya tidak tumbuh terlampau tinggi namun bisa untuk memperindah suasana rumah dan sekaligus sebagai peneduh. Apakah kenanga cocok untuk tanaman luar pagar dan dimana saya bisa mendapatkan bibit kenanga. Mohon jawaban dapat dikirimkan melalui email widyo.sunaryo@hotmail.com. Terimakasih.

  4. Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
    pak, mohon bantuan. Saya mau berkecimpung dalam minyak atsiri bunga kenanga. Namun saya belum tau literatur bunga kenanga, proses destilasi utk memperoleh minyak kenanga yg berkualitas scr sederhana & prospek pemasaran minyak bunga kenanga. Matur nuwun sebelumnya & mohon jawaban dikirimkan melalui email haydar_leta@yahoo.co.id.
    skali lagi matur nuwun atas bantuannya.

  5. Apakah daun kenanga dapat dijadikan parfum? N tman sya brkta bunga t tk orang mati.bauny tidak enak ktka saya mencoba gunakn tk bwat parfum.Tlog djwab, sya btuh untk invention.

  6. mf,sya jga mw tyabgaimana cara mengukur kewangian dari parfum yg dbwt dr bga kenanga n bgmna cra distilasi ny? .Tlog djwab, sya btuh untk invention.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s