Makanan Bayi : Usia 6-8 Bulan – Makanan Lumat

Saat mulai memberi si kecil makanan padat, jangan bertubi-tubi memberi aneka jenis makanan dalam waktu singkat. Beri jeda beberapa hari antara setiap jenis makanan baru, sehingga tidak terlalu memaksa anak. Anda pun punya cukup waktu untuk memantau kalau-kalau ada masalah yang timbul berkaitan dengan makanan tertentu.


Juga, biarkan bayi memutuskan berapa banyak makanan yang mau ditelannya. Untuk beberapa jenis makanan—dalam sehari—bayi Anda bisa jadi kelihatannya tidak makan terlalu banyak. Sedangkan bayi lain malah kelihatan sangat rakus. Tidak usah pusing. Ikuti saja apa maunya. Yang penting, Anda selalu memantau proses tumbuh kembangnya secara teratur.

Bagaimana memulainya?
Setelah usia 6 bulan, makanan padat pertama si kecil ini adalah makanan lumat, yakni bubur susu dan buah. Selama 2 minggu pertama, si kecil cukup diberi dua jenis makanan ini. Makanan lumat mudah dicerna dan cepat meninggalkan lambung si kecil. Pemberian makanan lumat ini dimulai dalam bentuk encer dan jumlahnya sedikit. Secara bertahap, makanan dikentalkan serta jumlahnya ditambah.

Pemberian secara bertahap ini perlu dilakukan karena sampai usia ini, jenis makanan yang paling bayi kenal adalah ASI (dan ia masih tetap membutuhkannya sampai usia 2 tahun). Jika ia mendorong keluar makanan atau menutup mulut rapat-rapat, jangan paksa. Mungkin ia belum siap untuk makan makanan padat.

Setelah bayi berhasil melalui masa 2 minggu ini dengan baik, Anda bisa memberinya makanan lunak, yakni nasi tim saring, sebanyak 1 kali dalam sehari. Nasi tim ini harus terdiri dari sumber karbohidrat, sumber protein, serta sumber zat pengatur.

Bagaimana dengan buah? Sebaiknya disajikan dengan cara disaring dan mulailah dengan buah berserat rendah. Misalnya, jeruk, pisang, pepaya, dan avokad. Secara bertahap, Anda boleh memberinya buah lain.

Peralihan dari makanan lumat ke makanan lunak juga perlu dilakukan secara bertahap. Ini berarti, Anda perlu mengatur kekasaran teksturnya. Awalnya, pilih sayur berserat rendah, seperti wortel, tomat, bayam, dan sebagainya. Setelahnya, Anda bisa memberinya brokoli dan lainnya.

Makan dari sendok butuh keterampilan tersendiri. Bisa jadi, Anda harus uji coba selama beberapa kali sampai bayi betul-betul terbiasa. Di usia ini, kebanyakan pemenuhan kalori masih berasal dari ASI. Dan tujuan utama mengenalkan makanan padat pada bayi adalah mengajarinya cara makan yang benar-benar berbeda serta memperkenalkan aneka citarasa dan tekstur makanan baru. Yang terpenting, buat proses belajar mengenal makanan baru jadi pengalaman yang menyenangkan.

Pentingnya Variasi
Untuk memperkenalkan makanan pada bayi, mulailah dengan 1 jenis makanan. Tunggu paling tidak selama 4 hari sebelum mengenalkan makanan jenis lain. Adanya tenggang waktu membuat bayi makin mengenal dan bisa menerima makanan barunya. Reaksi alergi biasanya baru muncul beberapa hari setelah jenis makanan itu dikonsumsi. Jika timbul reaksi alergi jenis tertentu, Anda jadi tahu persis penyebabnya.

Sebagian pakar percaya, penting untuk mulai memperkenalkan sayuran hijau dulu, sehingga pola citarasa bayi tidak ‘termanjakan’ dengan rasa manis dari buah-buahan. Sebagian pakar lagi menganggap itu hanya mitos belaka. Menurut mereka, bayi terlahir dengan menyukai yang manis-manis. Anda bisa mengombinasikan kedua pendapat ini, dan melihat mana yang paling pas buat bayi Anda.

Yang pasti, mengombinasikan berbagai jenis makanan akan membuat bayi tidak cepat bosan, memicu selera makannya plus tidak menjadikannya si pemilih makanan. Jangan sampai ia terbiasa makan makanan yang itu-itu saja. Ia bisa kekurangan gizi yang dibutuhkannya.

Jadikan Sebagai Rutinitas
Waktu makan—sarapan, makan siang dan makan malam—harus Anda terapkan secara konsisten. Ini bukannya tanpa alasan. Sistem pencernaan bayi perlu dilatih untuk belajar menerima, mencerna, serta menyerap makanan pada waktu-waktu yang ditentukan.

Untuk masing-masing waktu makan itu, sajikan kelompok makanan yang ada dalam tabel ‘Jadwal pemberian makanan si kecil’. Perlu dicatat, kalau kenyang si kecil akan memberi sinyal. Misalnya, menjulurkan lidah atau memalingkan kepala. Jadi, jangan takut si kecil akan makan secara berlebihan.

Mulai Memperkenalkan Biskuit
Anda sudah bisa mulai memberi biskuit bayi sebagai camilan di antara waktu makan. Koordinasi antara mata dan tangannya sudah cukup baik, sehingga ia bisa membawa tangannya ke mulut. Pada umur 7 bulan, rata-rata bayi sudah mampu makan sendiri biskuitnya.

Umumnya, tekstur biskuit yang lembut membuat bayi mudah mengemutnya, bahkan akan membantu merangsang pertumbuhan giginya.

28 thoughts on “Makanan Bayi : Usia 6-8 Bulan – Makanan Lumat

  1. Dyah berkata:

    bayi saya berusia 6 bulan 4 hari, dan saya telah memberinya jus buah, bubur biskuit dan tim ati sayur.. alhamdulillah bayi saya suka..
    yang ingin saya tanyakan, apakah terlalu cepat saya memberikan variasi makanan untuk anak saya ?
    trimakasih………

  2. sanita berkata:

    saya juga telah memberikan makana tambahan pada anaknya yg masih berumur 5 bln 3 minggu. makanan yg sudah saya berikan adalah biskuit milna yg 6+bln, rasa kacang ijo, bubur promina rasa kcg ijo,beras merah+ayam,bubur rasa buah2an, buah pisang,pepaya

  3. dewi berkata:

    Bayi saya berumur 7 bulan sangat doyan sekali bubur milna tapi aku coba untuk bubur tim buat sendiri malah gak suka dan tambah diare gimana caranya ngatasi baby supaya tambah berat badannya ? thanks

  4. berikan tahapan makanan sesuai usia bayi, normalnya untuk bubur tim bisa diberikan pada bayi usia 8 bulan keatas. untuk tahap perkenalan, kenalkan dengan cereal/bubur yang lunak(masih encer).

  5. Kang Tanto berkata:

    anak saya umur 7 bulan,sejak umur 1 bulan tidak minum asi tapi susu formula,karena asi istri saya kluar hanya sedikit dan waktu itu luka, waktu umur 5 bulan pernah terkena disentri, dan dokter menganjurkan agar sementara diberi bubur sumsum aja, tentu tanpa kuah gula,dan sampai sekarang, istri saya masih takut mencoba makanan lain, tapi saya juga khawatir anak saya malah kurang gizi, terus terang berat badannya selalu di batas minimal,padahal susunya banter,apa karena susunya formula, bukan asi?

  6. @kang tanto :
    bubur sumsum terus, apa nggak bosan tuh anaknya.

    Pada prinsipnya, berikan makanan yang bervariasi pada anak,jadi anak selain mendapatkan suplay makanan & gisi yang penting untuk pertumbuhannya, dia juga akan belajar mengenal berbagai macam jenis makanan.

    untuk pertumbuhan berat badan, itu dapat dilihat dari supplay gizi dan juga genetis. jika bapak-ibunya kecil, maka kecenderungannya adalah anaknya kecil juga.

    Menurut saya tidak masalah, badan kecil asalkan perkembangannya tidak terhambat, tetap lincah,dan jarang sakit..

  7. Bunda Dian berkata:

    aku bunda dian, anak ku sekarang usianya 5 bulan 14 hari..kemarin aku coba kasih dia tepung beras merah, lahap bgt makannya, ternyata setelah beberapa timbul bercak merah, kata dokter dia alergi..minta tips dongnya, kira-kira menu apa y yg bs ak kasih krn dia dah mulai laper n minta makan

  8. sebenernya kalau 5 bulan masih asi ekslusif ya..

    coba saja diberi bubus kentang, atau juga pisang yang dilembutkan+susu.

    untuk tahap awal perkenalan makanan pendamping asi, diberikan ke bayinya yang encer saja ya

  9. ary berkata:

    aku punya anak baru berumur 4blan,dari umur 3blan dia sdah memasukkan jarinya dan memegang benda apa saja lalu memasukkannya kemulut,,apa berarti anakku mmberi tanda kalo dia ingin diberi makanan…saya ingin memberinya makanan lumat tpimasih ngeri…kira2 makanan lumat apa ya yg cocok untuk anak 4blan….terimakasih

  10. bernadetta berkata:

    anak saya usia 7 bulan, sjk 6 bln saya beri bubur susu (milna/nestle) lbh kurang 2 mggu, slanjutnya di+ bubur tim di-blender 1x.. Skrg jdwal makan 1x bubur susu, 1x buah, 2x bubur blender.. Yg mau ditanyakan kok PUB nya sering keras ya????

  11. euis berkata:

    anak saya usia 6 bulan, skrng mengalami batu sudah hampir 2 minggu kedoktor udah 4 kali mungkin ada aobat trdisonal untuk batu tersebut

  12. annisa berkata:

    anak saya berusia 7 bulan 14 hari.sejak usia 6 bln,saya mulai mengenalkan MPASI.awalnya saya mengenalkan pure buah,& bubur susu buatan sendiri,ia sangat suka dan makan nya lahap,tapi sekarang 2 minggu terakhir ini anak saya susah makan,saya merasa bingung karena gak makn akhirnya dia minum ASI sering,lebih sering dari sebelum2nya,bagaimana solusi nya?terimakasih

  13. Ira Mutiara berkata:

    baby saya umurnya 6bulan 4hari. dari 5bulan 3minggu sudah saya kenalkan dengan bubur susu. tp setelah 2 minggu mencoba skrg anak saya pupnya susah. ampe suka nangis gara2 mau pup. kira2 kasih apa ya biar pupnya lancar kembali?

  14. ely berkata:

    anak saya mulai saya beri makanan pendamping ASI usia 6 bulan dengan bubur encer. Sekarang usia 7 bulan masih saya beri bubur 2x sehari tapi agak padat, tapi makannya hanya sedikit sekali. Apa perlu diganti makanan yang lain, misalnya nasi tim?

  15. sisca fitriani berkata:

    salam knal… anakku skr sudah 7 bln 15 hari. Wkt umur 5 bln kurang anakku dikasih bubur goodmil, alhamdulillah g knp-knp. Tapi kalo skr makanan’y bubur nasi. Masalah’y anakku gampang lapar, kalo aku kasih nasi tim yang dibuat sendiri boleh g y?? makasih buat bantuan’y…

  16. hesty berkata:

    Assalamualaiku…salam kenel baby saya 8 bln dari 6 bln baru diberi makanan pendampinga asi seperti makan cereal baby saya makannya mau tetapi saat bab kurang lancar dan kadang sampai 4 hari saya kuatir lalu saya ganti makanan yang lain seperti promina+goomil tetapi mengalami yang sama susah bab lalu saya ganti bubur buatan sendiri wortel+bayam tetapi susah bab skarang baby masih makanan buatan sendiri bubur saring yang saya mau tanya apa baby tidak apa klo d beri bubur buatan sendiri bagaimana mengatasi bab baby saya tolong di bantu terima kasih.

  17. Lisa berkata:

    apa boleh bayi usia 6 bulan di berikan tahu dan kecap manis pada buburnya ( bubur buatan sendiri )? dan bagaimana mengatasi bayi sulit makan..? mohon infonya, terima kasih.

  18. rossi pyu berkata:

    seminggu lagi bayi saya berusia 6 bulan.apakah cukup sehari sekali memberinya makanan tambahan?ato seperti waktu makan kita, 3 kali sehari?trims

  19. mei berkata:

    anak saya usia 8 bulan, uda mulai kasih mpasi, bubur saring sayuran masak sendiri dicampur, namun sekarang minum susu nya agak susah sekali kecuali pada saat tidur itupun ga byjk ml nya , caranya gimana ya biar dia mau tetap minum susu, trims

  20. mei berkata:

    anak saya usia 8 bulan, uda mulai kasih mpasi, bubur saring sayuran masak sendiri dicampur, namun sekarang minum susu nya agak susah sekali kecuali pada saat tidur itupun ga byjk ml nya , caranya gimana ya biar dia mau tetap minum susu, trims

  21. hasanah berkata:

    aslamualikum,anak saya umur 6 bln.lhmdulillh udh saya kash makn bubur bers merh.yg mau sy tanyakan,knpa ank saya mknnya sedikit yah.apa dia bosen dengn mknan itu2 aja?

  22. jane yuliana tamigau berkata:

    bayi saya umur 8 bulan lebih…mulai mkn bubur umur 6 bulan…tapi sekarang pup nya keras malah bisa 2 atau 3hr sekali…sy sampai konsul k dokter spesialis anak tp di jawab tidak apa2…tapi sy tetap kuatir….bayi saya menggunakan susu formula…dan buburnya saya campur dgn bayam dan kadang woertel juga daging sapi saya blender…..bgmn supaya pup nya lancar tiap hari???

  23. Tita Fitrianai berkata:

    bayi saya usia 7 bulan 2 minggu, sejak usia 6bulan saya beri bubur sereal sebagai perkenalan makanan. setelah berlangsung 2minggu saya coba bikin bubur saring sendiri, tapi anak saya tidak mau makan, sampai saya coba terus beberapa hari dengan menu yang berbeda tetap tidak mau makan. akhirnya saya kembali memberikan sereal. apa solusinya agar anak saya mau makan bubur buatan sendiri yang pastinya lebih bagus dibandingkan sereal??

  24. rabiatul adawiah berkata:

    bayi saya usia 8 bln. bb 6,4. asi eksklusif sampai 6 bln. setelah itu mp asi. tapi bb nya kok gak naik2 ya. mohon solusi y. makan mau. 3 x sehari. asi y jg banyak.

  25. trias berkata:

    om swastiastu, bayi saya sekarang berusia 5 bulan, saya sudah memberikan bubur buatan sendiri yaitu beras campur wortel dan sayur bayam,saya blender lalu saya rebus, sebelumnya saya berikan pisang aja sampai 4 bulan dan pup nya lancar, setelah saya berikan menu buatan saya kok pup nya bisa 2hr sekali, apa makanan ini penyebabnya, trimakasih

  26. Sisca berkata:

    Baby saya berumur 6 mounth 1hr n utk prtma x_nya sya mbri baby sya mkan dngan bubur beras merah (buatan sndri) + susu formula dlam bntuk cair dan sbgai cemilan buah pisang yg di keruk… Tapi knpa timbul bercak merah pda wjah baby sya dan puph nya mnjadi lbih pdat stelah mngkonsumsi mknan itu, saya konsultasi k’dokter bliau mngtakan tu tdk apa2, krna tu hnya reaksi dari pola mkan yg bhannya berlebihan, dan mslah reaksi prubhan puphnya itu d’krnakn buah pisang yg mngandung enzim yg mngkibatkn ktoran mnjdi pdat dan dianjurkan utk berhenti mngkonsumsi bhan tersbut slma 4hr kdpn dan sbaiknya mngkonsumsi 1mcam mknan sja… Apakah tu bnar dan tidak mnjadi mslah srius dngn byi sya,. Wlaupun Dokter mngtkan tdk apa2, tpi sya sngat khwatir dgn byi sya…

Tinggalkan Balasan

