OBAT BATUK BUAT BAYI

Mempunyai bayi memang sangat menyenangkan,kita bisa terhibur saat melihatnya tertawa, atau tingkah lucu lainnya.

tetapi, saat anak kita sakit, maka hilanglah keceriaannya.
Ya anak-anak kecil memang rentan dan mudah terkena penyakit dikarenakan sistem imun di tubuhnya belum lengkap.
penyakit yang sering menyerang anak-anak atau bayi antara lain batuk dan pilek.

jika batuk/pilek menyerang bayi/anak kita, jangan panik. beberapa orang tua terkadang sangat panik kalau anakknya kena batuk/pilek.alternatif pertama biasanya mereka akan membawa anaknya ke dokter. padahal di dokter biasanya anak kita hanya diberi obat penurun panas, dan obat batuk/pilek yang terbuat dari bahan kimia.

kasihan ya anak kita, sedari kecil harus sudah menelan berbagai bahan kimia dari obat-obatan yang kita berikan.
padahal banyak sekali alternatif obat tradisional warisan leluhur (:D). yang relatif lebih aman dan bisa dikatakan tidak ada efek sampingnya.

untuk mengobati batuk  :

bahan : Madu + jeruk nipis (1:1)

cara membuat :

peras jeruk nipis, saring dan campurkan dengan madu.
lalu bungkus dengan plastik dan kukus sebentar .

setelah itu, biarkan agak dingin, dan minumkan ke bayi kita setiap pagi dan sore hari (2x sehari).

rasanya, mmm segar , manis+kecut2 sedikit ( buktinya Isa suka …)

 

jeruk nipis bisa diganti dengan air perasan kencur yang sudah diparut.

catatan : bisa dibuat banyak sekaligus. biar tahan lama, simpan dalan wadah yang tertutup rapat, lalu taruh dikulkas. kalau mau diminumkan tinggal dipanaskan (wadahnya disiram air panas/air hangat)

About these ads

159 thoughts on “OBAT BATUK BUAT BAYI

  1. rika berkata:

    Mbak mau tanya, kalau madu itu bukannya utk anak di atas 1 thn? kalau utk bayi 7 bulan sebaiknya air jeruk nipis dicampur dengan apa yah? sebagai pengganti madu??

  2. admin berkata:

    fungsi madu disini lebih cenderung ke pemanis karena khasiat madu akan hilang jika dipanaskan, pemanasan ini juga untuk mengurangi rasa/kadar asam yang ada di jeruk nipis. Akan lebih baik lagi jika di campur dengan asi sebagai pengganti madu

  3. agya berkata:

    madu itu gppp untuk baby.pernah baca diliteratur, anak usia 0-2 th diberi madu, maka IQ lebih bagus. madu itu kan dah terbukti kasiatnya. memang kalo bayi, beri madunya diencerkan dengan air hangat, krn ada madu yang agak pans ditenggorokan.

  4. syifa berkata:

    mohon minta tips tentang madu untuk bayi soalny bayiku masih umur 5.5 bulan dan aku masih takut untuh ngasih apa2 ke bayiku sampai sekarang masih asi eksklusif

  5. Kalau memang tidak ada masalah pada bayi, sebaiknya memang teruskan dengan asi exclusif saja, sampai bayi berusia 6 bulan, madu hanya digunkan untuk kondisi tertentu, terutama kalau dia sakit batuk, kalau cuma pilek saja , demam/tanpa demam, jika masih asi exclusif, teruskan pemberian asi. karena asi mempunyai kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan virus influensa pada bayi…

  6. agung berkata:

    mohon informasi apakah ada madu khusus untuk bayi dibawah 5 bulan karena aku pernah ke apotik ada madu khusus bayi tapi tidak ada spesifikasi untuk bayi berapa bulan karena kalo ngomong bayi usia 1 tahun juga kategori bayi

  7. sepengetahuan kami, secara medis tidak ada madu khusus untuk bayi, bahkan oleh kedokteran malah ada yang melarang bayi diberi asupan madu, hal ini dimungkinkan karena kondisi fisik dan pencernaan bayi yang masih lemah. Apalagi banyak beredar madu palsu di pasaran. Sebaiknya usia 0-6 bulan diberi asi exclusif saja, pernah isa(anak kami) sakit ketika umurnya sekitar 4,5 bln. Sama teman (apoteker/dosen) saya dianjurkan untuk memberikan asi saja karena didalam asi sudah terkandung zat anti body untuk si kecil.

    Isa kami beri asupan madu setelah usia 6 bln yang kami dapatkan langsung dari peternakan untuk menjaga keasliannya dengan kami encerkan terlebih dahulu, alhamdulillah kecerdasanya melebihi anak seusianya.

  8. izza aulia berkata:

    mbak itu untuk pilek ama batuk ya……..makasih ya mbak resepnya. kalau untuk perkembangan otak bayi umur 7 bulan apa ya mbak.

  9. @izza aulia: untuk perkembangan otak bayi, kalau dari asupan gizi, tentu saja masih dari asi. trus bayi umur segitu udah boleh di beri prolacta for baby, tapi jangan terlalu sering juga mbak, soalnya kalau kelebihan DHA dampaknya tidk bagus buat bayi. Lebih sering aja di beri rangsangan, dengan mengajak bicara bermain dll.

    thanks for visiting

  10. mbak anakku berusia hampir 3bulan dia terkena batuk dan pilek, yang kebetulan juga aq terkena padahal dia minum asi dari saya. gimana ya cara mengatasinya biar anakku sembuh aq juga bisa sembuh. harus aq beri apa ya mbak ?? mohon segera di balas

  11. Dhida berkata:

    mw tanya nich…????
    susu anti alegi yg bagus unt bayi umur 5 bln selain NAN ha 1 pa ya…???
    anak q g sbrapa suka cz rasanya aneh asin & rada pahit
    mohon jawabanya ya…

  12. rida berkata:

    maaf mbak mau tanya anak saya masih 2bln. dia sudah batuk dan pilek, dikasih obat malah tak sembuh.apa resep diatas bisa untuk anak saya yang masih 2 bln?syukron

  13. siswanto berkata:

    Selamat pagi, saya mau tanya : anak saya usia belum ada 1 bulan ( 25 hari) terkena batuk dan suara hilang. Obat batuk yang aman untuk anak usia dibawah 1 bulan apa ya ?

  14. ..mbak,,anak ku bian umurnya 5 bulan..dy lgi pilek+batuk..untk pilekny dkasih ap yh mbak??ktany biji pala yh??..makasi yh mbak..

  15. rakhmawati berkata:

    Mbak, anak saya usia 8 bulan kelihatan kurus banget, ada gak tip atau suplemen untuk menaikkan berat badan, tks

  16. diana indah berkata:

    babyku 10 bln, dah 3 minggu pilek n dah beberapa hr ini batuk,dah di bw ke dokter 2x. kira2 bisa ngk y resep jeruk nipis n madu ini di berikn ke baby ku yg saat ini lg minum obt dokter?? tks

  17. bos bisa mbantu ngasih info, anakku yang gede 4 tahunan sangat susah sekali makannya, jadi badanya tidak gemuk, bisa share ilmu ya…

  18. satria berkata:

    mbak…lo untuk bayi umur 10 hari tidak apa-apa kah dikasih madu dan jeruk seperti yang mbak bahas?

  19. Hadi berkata:

    Mau tanya nich, bayi saya baru berusia 1bln, 1mg yll batuk berdahak, tanpa disertai demam maupun pilek, sudah terlanjur saya beri obat kimia dr dokter tp sampe sekarang belum sembuh, malah kayaknya semakin parah. saya kasihan sekali iat batuknya ga kunjung sembuh, Bagaimana sebaiknya ya?

  20. Ida Puji L berkata:

    anak saya berusia 1 bulan .. terkena batuk karena tertular kakaknya yang berusia 2.5 tahun. gimana obat yang paling manjur tanpa harus ke dokter ???

  21. agus sugiharto berkata:

    Madu amat bermanfaat sudah banyak teruji. Asupan gizi bebas bahan kimia, alami meningkatkan kecerdasan anak. kita hanya bisa beri bekal kecerdasan sejak dini daripada terlambat.

  22. syamsiah berkata:

    mbak, mohon infonya segera yah, anakku umur 4 bulan sakit batuk berdahak lbh kurang 1 bln, sudah berobat ke dokter n dikasih obat kimia tp blm sembuh juga apakah bisa diberikan madu+jeruk nipis? (anakku tidak minum ASI mbak krn ASInya ndak ada)
    tolong dijawab yah mbak.terima kasih

  23. Fandi berkata:

    Mbak minta tolong masukannya. Anak saya umur 10 bln batuk + pilek selama hampir 1 bln,sudah saya bawa ke DSA smpai 2 kali dg dokter berbeda,sampai obat habis pun masih tetap aja batuk pilek. Cara apa lagi yg harus saya lakukan?saya br beli dr apotek madu liar,apa itu boleh untuk anak saya?
    Trim’s mbak.

  24. Endah berkata:

    mbak mau nanya, anakku 4,5 bln, dia agak batuk. emang blh d kasih madu?kalo jeruk nipisnya d campur susu formula boleh gak?coz asiku udah gak keluar. Tk mbak.

  25. ketut bali berkata:

    Mbk saya mau tanya nich, bayi saya baru berusia 3bln, yll agak pilek, sudah terlanjur saya beri obat kimia dr dokter tp sampe sekarang belum sembuh, malah kayaknya semakin parah. saya kasihan sekali lihat pilek bayi saya ga kunjung sembuh, apa ya obatnya mbk.

    @ tolong dijawab yah mbak.terima kasih

  26. coba aja diterapi pake minyak kayu putih, dibalurkan ke tubuhnya,sama di ubun-ubunnya kalau tubuhnya hangat,otomatis gangguan pilek hidung tersumbat biasanya reda.

  27. Zahro' berkata:

    Mbak, anak kami usianya 5,5bulan, sudah 2 minggu ini batuk n tak kunjung reda, sdh kami bawa ke dokter dan dberi obat kimia, tp jg blm reda. Tlg minta resepnya ya mbak. Trimakasih

  28. ahmad berkata:

    Assalamualaikum, anak saya 10 bulan sedang kena flu,saya mau coba kasih madu dicampur jeruk nipis tetapi saya khawatir jeruk nipisnya membuat anak saya mencret. oya bagaimana dengan panas tubuhnya apakah ada obatnya

  29. Abdul berkata:

    Asslm..
    Mbak tolong ramuanya ya..anak sy brumur 4 bulan..sjak lahir minum susu buatan krn tidak ada asi dr ibunya..skrg batuk berdahak & pilek uda sminggu lbih..uda dbawa kdokter (dkasi sirup&obat puyer) tp gak kunjung sembuh..trims atas jawabanya ya mbak..kalo bs ke email sy aja ya..sy tunggu scepatnya mbak..
    Trima kasih..
    abdy_ISL@yahoo.com

  30. Cah thorjo berkata:

    Sebaiknya madu jangan diberikan untuk anak dibawah satu tahun .. Sebaiknya obat batuk sirup khusus untuk balita , jangan lupa lihat kemasannya ..Atau ke dokter specialis anak yang lebih tahu …

  31. Mba mau tanya dong, mba anak sya Fadhil usianya 8bulan, tapi dr kecil rentan bgt sama yang namanya Batu & pilek, Diare juga pernah bbpr x, malah waktu usianya 4 bulanan pernah drawat d RS karena Diare+Flu Berat, buat Pencegahan & pengobatan yang alami gmn yah mba,,???tolong infonya yah,,,,???palaGi skrg nih lagi Pilek dah lama bgt gak sembuh2,,,,,

  32. Assalamu’alaikum….

    Info yang bagus. Tapi saran saya jangan gunain media plastik waktu memanaskannya, karena uraian plastik yg memuai karena di panaskan tidak baik utk dikonsumsi. cmiiw.

    Mudah2an kita lebih percaya menggunakan obat tradisional daripada obat2 kimia yg terkonspirasi utk suatu hal (saya pernah baca hal ini). Penggunaan satu obat menimbulkan penyakit lain yg mengharuskan penggunaan obat lain, begitu seterusnya. Dan hal ini berlaku semenjak anak2 dalam kandungan!!! cmiiw.

  33. Nanda Mawaddah Lbs berkata:

    Makasih infonya y mba’…udah 3 hr ini ankku batuk. kasian aku ngeliatnya…apalagi kalau udah tidur trs batuknya g bhenti…sedih aku rasanya..mudah2an dgn resep ini anakku sembuh…mohon do’ay y mba’…

  34. dwi metya berkata:

    ANAK SAYA, 8 BULAN LBH, BATUK PILek, kpn hari bru keluar opname di RS, di vonis infeksi lmbung dan radang.dy susah skali makan dan minum.smpai kluar RS pun msh sama, hgga skrg btuk n pilek,saya bw pijet, sm tukang pijetny dsuruh minum madu cmpur kunyit. dy malah muntaber, bagaimana sharusny? dy mkin kurus pdhl dulu gmuk skali, BB lahir 3,5.ksihan…
    tolong infonya y thx u

  35. umihanif berkata:

    mba,,bayi saya 4 bln sekarang lagi batuk pilek..sebelum dibawa kedokter saya coba minum madu plus air hangat aja.. tapi kok lama yah penyembuhannya…akhirnya saya coba ke dokter umum dikash antibiotik dan obat batuk puyer sekarang dah habs…malah batuknya tambah….sekarang ini saya jga lagi batuk…tadi pagi akhirnya saya kasih air perasan daun saga ditambah gula dan garam sedikit biar ada rasanya…dia kelhatannya suka…apa air perasan daun saga itu jga bagus untuk oba selain madu dan jeruk nipis?..campuran madu jeruk nipis itu tahan berapa lama untuk penyimpanan dalam kulkas? mohon tanggapannya ya mba

  36. Nur Ayu berkata:

    Mbak sy mau nanya, anak sy umur 1,5 thn sdh 2 mg dia batuk dan kl batuk disertai dengan muntah yang mengeluarkan dahak yg byk. sy sdh bw kedokter tp btknya blm jg berhenti..mhn sarannnya

  37. sari berkata:

    mbak anak saya 4 bulan 20 hari, sekarang lagi batuk pdan flu karena imunisasi. kemarin karena disertai panas, sekitar 3 hari saya kasi antibiotik dan obat penurun panas. cuma batuk dan flunya belum hilang, gimana ya caranya ngilanginnya

  38. Yadi berkata:

    Madu tidak boleh diberikan pada anak dibawah 1 thn, karena akan meinimbulkan keracunan makanan yang hebat..

  39. rose berkata:

    tolong anakku usia 4 bulan 2 minggu,dia lagi batuk pilek,obatnya yg aman apa ya????tolonk jawabannya segera.terima kasih

  40. Debby berkata:

    mba Asih, baby saya 7 bulan tadinya cuma pilek aja terus berobat ke spesialis anak dikasih obat puyer n sirup eh malah sekarang jadi batuk…bisa gak ya klo dicoba pake jeruk nipis ma madu yn mba tulis diatas….

  41. wiwik hyt berkata:

    mba…
    baby saya umur 3 bln… batuk pilek… dr lahir dia minum susu formula,krn asi nya hanya keluar 2 minggu aja… tlg saran & tips nya dong,obat tradisional yg aman seperti apa utk bayi saya…

    makasih ya mba…

  42. Nia berkata:

    mba….
    bayiku skrng umurny 1 bln lbh .. abangnya umur 4 thn saat ini keduanya lagi trserang flu+batuk ,,mohon solusinya kira2x obat ap yg bgs biar keduanya cpt sembuh…. wslm

    mohon sgr bntuannya!!!

  43. Reza berkata:

    mohon tips mbk, anak saya laki” sjak 4bln sudah tidak mau minum ASI, di pancing” malah muntah..skrg udh 11bln, tpi sjak 9bln dia seraing sakit berawal dr gatal”+panas demam+flu+batuk+dsb…
    mohon tips penambah daya tahan tubuhnya..saya sampek kasihan lihat dia sakit”an lemas keluar masuk Puskesmas dan RS…mohon balas di Email saya…terimakasih smoga Tuhan Balas kebaikan anda..amin

  44. Haryanto berkata:

    Bayi saya berumur 7 bulan,,,saya mau tanya obat tradisional yg utk mengatasi batuk apa saja dan bagaimana ramuannya n takarannya?

    suwun

  45. suyatman berkata:

    mbak klo udah di kasi obat gmn ya??bisa langsung di kasih madu dan jeruk G??Minta nasehatnya ya,anakku baru 3 bln setengah!!!!trims sebelumnya

  46. siti choriyah berkata:

    mba, anak saya umur 11bln saat ini, ud 3mg ini batuk pilek ga brenti sampai ud ke dokter 4x.
    resep sih slain puyer (55 buah ; 20 buah 2x sama 15buah 1x), vitamin (saya kasih Pedia Grow 1×1) jg inhalasi (7x).
    saya jg banyakin dia minum air putih hangat ditambah susu formula.
    herannya penyakitnya blm sembuh2 jg, apalagi kl malam hari kasian bgt ga nyenyak tidur, saya n suami jg jd bgadang nungguin dia.
    Sedari lahir sy cm bs kasih dia sufor krn saya Pre Eklampsia wkt khamilan 37mg, mkny waktu lahir jg BB nya cm 2300gr.
    saat pk sufor tyt anak sy alergi susu sapi, sufor yg sblmny saya pake diganti sm Vitalac BL n atas rekomendasi saya ganti lagi sm SGM LLM hingga kini (krn vitalac BL langka di psaran). untuk pencernaan si ga ad mslh yg brarti.
    apa anak saya ga sembuh2 flunya krn alergi ataukah radang???
    n kl mmg krn itu blh saya pk resep dari mb???
    saya baca madu diencerkan, komposisiny bgmn???
    tolong informasinya, terima kasih

  47. mama fadil berkata:

    kalo flu,sering dijemur pagi hari aja,kalo batuk,anakku juga gi batuk belum2 sembuh jg,udh puskes,obat yg dijual ditoko,udh dokter,udh pijat,sampe jamu menyusui tp ga sembuh jg.

  48. mama nadif berkata:

    askum mbak niie anak sy umur 1 thn bt resep madu n jruk nipiis itu sendiri takaran untuk mduna seberapa y?klu madu@sachet ditoko2 gt gmna y soalnya sulit mndapatkan madu alami dr peternak!trus kalau jruk nipis sm kecap itu buat ap?kalau gak uyah dikukus carana gmna crana slaen itu

  49. toloooooooong… jadi solusinya yang mana!? baby ku 2 bulan+, batuk2 tiap malam, solusinya saya bingung ada yang boleh ada yang engga pake madu, jadi gimana?
    boleh tidak saran di atas untuk umur 2 bulan+???

  50. @Dear All :
    Untuk bayi kecil yang masih berusia dibawah 8 bulan, sebaiknya diberikan madu saja tanpa campuranjeruk nipis..
    atau bisa juga diberikan propolis (1 tetes) yang dicampurkan ke susu, atau ke madu dan diberikan ke bayi.
    Propolis ini aman dikonsumsi oleh siapa saja, efektif untuk melawan virus dan bakteri.
    untuk pembelian propolis bisa menghubungi 08156811419

  51. parisal berkata:

    met pg..anak saya umurnya 1,5 bln pilek hidung tersumbat ,obat tradisionalnya apa….

  52. feny berkata:

    mba,, bayi sy umur 1bln 2mnggu obt tradisional apa yua untuk batuk berdahak & pilek’y .. mhon bantuannya mba,,, thx,, :)

  53. teguh berkata:

    mba ,bayi saya umurnya 4bulan 1 mgu pa obat tepat untuk batuk berdahad mohon dejelaskan

  54. purple berkata:

    Jd inget ravenzo waktu bbrp minggu yg lalu batuk pilek, pdhal usianya belom genap sebulan, sy ud ќε DSA 2x ga sembuh, ϑäπ coba ќε dokter umum d kasi amoxan ϑäπ triaminic drop..
    Juga d terapin saran dr tetangga yg pernah sekolah perawat..
    Bayi tiap hari d jemur, di bawah jam 9.. punggung ϑäπ dada kena matahari langsung..lalu saat menjemur..tepuk bagian punggung,( telapak tangan d buat seperti tempurung, agar saat menepuk yg terkena hanya daging d bawah kelingking, dibawah ibu jari, mudah”an mengerti yaa) lalu tepuk bagian dada bayi (jari” dikerucutkan seperti mau makan nasi, mudah”an mengerti..) Proses menepuk ini supaya dahak mengencer ϑäπ mudah d keluarkan lewat kotoran..jgn lupa juga sering d kasi air putih hangat..karna air putih salah satu obat imun juga..
    Θäπ setelah saya kasi terapi tepukan, plus obat dokter (triaminic drop+amoxan)anak sy sudah sembuh… Semoga membantu ya mom

  55. mama misael berkata:

    Anakku Evan umur 3.5 bulan udah seminggu ini demam n batuk, dikasih obat kimia juga gk sembuh.kasihan klo batuk ga bisa tidur,dan suaranya hampir ilang.
    krn saya takut kasih obat2 kimia saya balurkan kencur diparut + bawang merah diparut + minyak telon keseluruh badannya.untuk batuknya masih ada tapi saya tetap usahakan obat tradisional daripada obat kimia.

  56. Mama Jean berkata:

    Hai,,,anakku evan skrg usianya baru 1thn 7bln. Sejak usia 1bln jg sring terkena demam,batuk,pilek. Sempet jg sih dibawa ke DSA,diksh obat2 kimia gt. Tp aku pikir2 kasian msh bayi udh diksh obat2an. Sjk saat itu klo tiap batuk pilek, aku kasih perasan kunyit dicampur madu. 3-4 hari berturut2 diksh itu tiap pagi lgsg sembuh. Jd klo tiap batuk/pilek aku ksh itu aja smpe skrg.

  57. yunita berkata:

    mbak, kalo dibungkus plastik trus dikukus apa tidak berbahaya? sebab saya sering baca artikel yang mengatakan kalo membungkus makanan yang masih panas pake plastik bisa menyebabkan kanker apalagi mengukus pake plastik.tidak ada pembungkus alternatif kah?

  58. Askum,anak saya umur 8 bulan,skrang lgi batuk,pertanyaannya apakah tidak bahaya,bayi 8 blm di kasih madu,resep obat batuk di atas kn madu pak,?

  59. rozack berkata:

    apasih buat keluarkan dahak untuk umur 6 bulan dengan obat apa apa harus di uap trus hilang hasil uapanya yang rutin setiap hari….dimohon jawabanya secepatnya ?trima kasih

  60. yani berkata:

    Anak saya umur 6.5 bulan udah 2 minggu ini batuk n pilek, saya sudah bawa ke dokter masih belum sembuh juga. saya baca di intenet diberi air kencur mlh batuk makin parah. kasih tahu saya kasih obat apa ya yg cocok bt anak saya

  61. Lina berkata:

    Mba anak saya kan batuk,kan obat tradisionalnya madu dan jeruk nipis klo di ksih madu rasa jeruk nipis boleh gak mba

  62. Nunung berkata:

    anak saya umur 6,5 bulan saat ini sedang flu, batuk, alergi, obat apa ya yg aman untuk anak saya selain obat-obat kimia. tq

  63. aku punya anak umur dua tahun setengah kena batuk dan pilek, trus adeannya masih tiga bulan, karena sering diciumi si kakak si adek jadi kena batuk dan pilek, dua2nya jadi cengeng, mudah2an obatnya cocok buat si kakak biar adeknya gak ketularan lagi dan lekas sembuh :)

  64. Mona berkata:

    Mba, sy mau tanya saat ini ank sy berumur 4,4bln terkena batuk. obat apa yg hrs sy minum unk menyembuhkan batuk ank sy

  65. Kiki berkata:

    Mba’ anak saya umurnya 6,5..dia lagi batuk berdahak udah saya bawa kedokter.cuman di kasi puyer sama parasetamol.sampe obatnya habis.tapi batuknya nggak kunjung berenti.
    Apa bisa di kasi minum madu sama air jeruk.terus berapa takarannya madu dan air jeruknya.
    Tolong di bales secepatnya.
    Thnk’s

  66. selamat sOre mba, saya mempunyai balita usia menginjak 8 bulan tgl 9 besok, sekarang dia batuk, sepertinya batuknya berat sekali, seperti berdahak, ditambah flu, yang mengeluarkan cairan bening, solusi untuk obatnya apanya, soalnya saya takut klo saya kasih terus obat-obat apotek/dokter, bukan kenapa-kenapa, terlalu sering juga saya takut, dengan usia dia baru menginjak 8 bulan.

  67. edy berkata:

    gan… minta bantuan anak sy berumur 2,5 bln sekarang lagi tekena batuk udh 1 minggu ga sembuh2 dan sdh saya bawa kedokter dan dikasih obat kimia…. tp hasilnya msh nihil. sy kasihan karena klu ank sy batuk sampe susah nafas dan sampe kejang…

  68. annisa berkata:

    anak saya usia 2bln, dari usianya 2 minggu udah batuk, saya udh berusaha ke dokter sana sini tp blm ada perubahan juga, krn sy bekerja asi & susu formula saya berikan, minta sarannya untuk kesembuhan anak saya
    trims…

  69. Lina berkata:

    Anak saya mau masuk 9bln.skrng lg batuk di sertai pilek.!kira obtny gmn y?soaalny pernafasan anak saya jd keganggu.tq

  70. Awee berkata:

    Kalau tidak salah untuk bayi dibawah 1 tahun bisa konsumsi propolis, bisa dibeli Di apotik Kimia Farma namanya Propolis Diamond,dapatkan buku panduan penggunaanya gratis

  71. madunya harus dari peternakan ia mba???
    truz mengukusnya apa harus dengan plastik tertentu atau boleh memakai plastik biasa, atau dengan wadah/mangkuk yg terbuat dari plastik??saya takut memakai sembarang wadah kan banyak wadah/plastik yg memiliki zat kimia yang berbahaya….
    mohon jawabannya,terima kasih.

  72. Madu merupakan obat, tidak dijelaskan di dalam Al-Quran masalah tingkat usia. Berarti bagus buat semua umur termasuk bayi. Kalau buat bayi yang berusia di bawah 1 tahun sebaiknya diberikan madu saja. Untuk madu asli ( madu asysyifa, rumah madu dll ). Dari aromanya saja, insan yang berpengalaman sudah tau keaslian madu. Aroma madu asli menyegarkan paru-paru atau dada kita.
    Jangan takut kalau anak diberikan madu dibawah 6 bulan atau 1 tahun, bisa keracunan makanan yang hebat. Apa itu keracunan makanan yang hebat???
    Sewaktu nnak saya umur 7 hari sudah saya berikan madu, hasilnya malah sehat ( sy kasih madu merk rumah madu ). Malah wajahnya kelihatan lebih bersih. Jadi jangan takut pake madu buat bayi umur berapapun. Ingat, madu adalah syifa (obat) bagi manusia termasuk bayi,,,
    Di samping ASI, anak saya jg pake susu formula. Cuma formula yang ada madunya yaitu produk HPA. Komposisinya : susu kambing + madu asli + creamer. Rasanya disukai bayi, tanpa ada unsur gula. Jadi anak terlihat sehat.Coba lihat komposisi susu formula biasa ( terlalu banyak campurannya )

  73. antari berkata:

    kok d kukus pakai plastik?bukankah plastik itu berbahaya kalau kena panas?yang bener dong kalau kasih info batuknya reda tp ganti penyakit lainnya

  74. Mba,baby saya umur 9bulan dia baru kali ini pilek,bersin2 lanjut ke batuk berdahak.. waktu pilek dan bersin2 saya kasij air klapa ijo + madu dkukus,setiap 2-3jam sekali saya kasih dan tubuhnya saya pakaikan bawang merah parut + minyak telon,saya dapat di internet. lalu mendingan bersin2nya jadi banyak berkurang kalo pileknya masih ada,saat malam dipojok kamar saya kasih air hangat oke ember kecil pakai minyak telon. sekarang tinggal batuk berdahaknya sama pilek masi ada tapi jarang,saya kasih bunga belimbing wuluh = gula batu dikukus,tadinya batuk kering sekarang jadi batuk berdahak,dahaknya suka keluar bersama muntahan karena dahaknya suka bikin mual dan muntah,sama seperti saya.
    Saya pernah baca di internet juga,madu untuk bayi dibawah 1 tahun katanya tidak disarankan,karena takut si bayi keracunan, saya lupa apa tapi bisa menyebabkan kelumpuhan,jadi takut :(
    Gimana ya,saya gak mau bayi saya dikasih puyer karna pernah baca juga bahwa puyer suka ada kadungan apa gitu (yang sejenis narkotika yang gak jelas manfaatnya dan saya pernah nonton Tv mempertantakan tentang kebersihgan obat puyer dan khasiatnya..
    Mohon yang punya masukan,tolong infonya donk..

  75. aji setiabudi berkata:

    ba anak saya umur 3 bulan minta resep obat batuk…kasih kalo batuk muka yh sampe merah…ditunggu info yh

  76. Nina Yulianti berkata:

    mba anak saya usianya 6 bulan batuk sama mencret sudah 1 minggu mencretnya dah k dokter tp ga sembuh2,ada obat tradisional buat mencretnya g?anak saya g asi ,asinya g ada…makasih sebelumnya

  77. Nina Yulianti berkata:

    mba ada efek samping nya gak dikasih madu karena anak saya alergi susu sapi, sekarang pake susu soya

  78. lina berkata:

    Mbag anak saya usia 4,5 bln dia lg batuk berdahak sudah d ksh obat dr dokter tp belum sembuh apa jeruk nipis + madu bs untuk mengobati bayi saya, tapí saya pernah baca bukù kLo madu sama jeruk belum boleh d berikan pd bayi d bawah 6 bln karena mengandung asam +madu panas d tubuh.truz kenapa harus d msukan d plastik untuk mengkukusny bukanya plastik tidak baik untuk d panaskan.(Anak saya sudah tidak minum asi)tolong d jawab terimakasih sebelumnya

  79. ida berkata:

    Saya mau tanya obat batuk alami tsb apa bisa diberikan untuk bayi usia 3bulan?? Mhon jawaban’y.. Terima kasih

  80. luthfie berkata:

    makasih mas resepnya … mudah-mudahan sikecil kami yg usia 2,5 bln batuk dahaknya bisa hilang cepet … :) kasian sudah 3 hari sikecil batuk” terus ..

    mas.. saya share artikel obatnya ya diblog saya kalau boleh …
    ni alamatnya … nafielya.blogspot.com

  81. sri ayu kartika sari berkata:

    pa sma ja mbak kalau baby aq btuk nya berdahak n umur baby aq 4bln please d jwab

    terimahkasi

  82. Ass mba,baby sy bru b’umur 1,5bln skr lg batuk n pilek smpai suara tangis’a jd serak,,, ap resep tsb lgs diberikan ke baby sy (baby yg meminum’a)atw klw sy yg meminum’a bs jg ga? B’hubung baby sy menyusu asi sj!!! Sy tkt klw lgs diberikn ke baby sy,,,

  83. laura berkata:

    Pagi mba..
    Mba baby ku umur 3,5 bln dia trserang batuk” n suara’y jadi serak (habis)..pdhal udh aku bawa ke bidan & DSA tp smpe skerang udh 1 bln lbih blum sembuh” jg batuk’ y n suara serak’ y.
    Ngmong” obat” y apa mba utk mnymbuh kn batuk” n mngemblikan lg suara’y biar ga serak?
    Oy klau msi bayi trkena suara serak kibat batuk” tuh kira” bisa kmbli normal ga ya mba suara’y?
    Mhon dbales..mkasih

  84. wiwied berkata:

    Honey gets its sweetness from the monosaccharides fructose and glucose, and has approximately the same relative sweetness as that of granulated sugar.[1][2] It has attractive chemical properties for baking, and a distinctive flavor that leads some people to prefer it over sugar and other sweeteners.[1] Most microorganisms do not grow in honey because of its low water activity of 0.6.[3] However, honey sometimes contains dormant endospores of the bacterium Clostridium botulinum, which can be dangerous to infants, as the endospores can transform into toxin-producing bacteria in the infant’s immature intestinal tract, leading to illness and even death[4]

    Botulism

    Because of the natural presence of botulinum endospores in honey,[82] children under one year of age should not be given honey. The more-developed digestive system of older children and adults generally destroys the spores. Infants, however, can contract botulism from honey.[83] Medical grade honey can be treated with gamma radiation to reduce the risk of botulinum spores being present.[84] Gamma radiation evidently does not affect honey’s antibacterial activity, whether or not the particular honey’s antibacterial activity is dependent upon peroxide generation.[85]

    Infantile botulism shows geographical variation. In the UK, only six cases have been reported between 1976 and 2006,[86] yet the U.S. has much higher rates: 1.9 per 100,000 live births, 47.2% of which are in California.[87] While the risk honey poses to infant health is small, it is recommended not to take the risk[88]

    sumber: wikipedia

  85. icha berkata:

    anak sy berusia 4 bln sudah 2 minggu ini batuk terus ada yg bilang batuk kering/batuk rejan saya ngga tau harus bagaimana… sempet kami uap, tp tidak ada perkembangan…

  86. rishma berkata:

    Mkasih info nya…kl bwt baby 7bln apa G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  terlalu asem kl komposisi nya 1:1

  87. anak saya sekarang berumur 4 bulan 19hari.mulai umur 3 bulan anak saya batuk-batuk karena ketular dari abangnya waktu pulang kampung.uda dibawa ke dokter anak dan dokter umum beberapa kali tapi gak sembus.mbak saya mohon sarannya bagaimana cara menyembuhkan anak saya karena kasian bayi saya kalau batuk.bayi saya sering menangiss kalau batuk sampai2 suaranya hilang

  88. Pro dan kontr masalah madu pd anak dibwh 1thn, prnah baca bahaya madu pd baby bz menyebabkan kelumpuhan. Sering jemur pagi aj bun usahakan stiap hari jgn tnggu ampe sakit br dijemur.sinar matahari pg jg baik bwt orng dwsa biar ga cpat pngeroposan tulang

  89. saya mau tanya anak saya usia 2 bulan sudah terkena batuk .kalau batuk tdk berhenti udah takcoba tak kasih madu berapa takaran yang harus takberikan dan berapa kali sehari

  90. good solid information berkata:

    Hey there! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew
    where I could get a captcha plugin for my comment
    form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems finding one?
    Thanks a lot!

  91. bak saya mau tanya,anak saya udah 7bln tp blm di kasih makan,msh asi,karna berat badan nya,tidak sesuai dgn usia nya,skrg aja berat bdn nya 10,3kg,ga apa2 blm di kasih asi tambahan,sebelum nya terima kasih banyak

  92. dhies berkata:

    sedikit berbagi info yg sy copy paste untuk pengetahuan para momy or bunda sekalian…semoga bermanfaat…
    1. Ramuan Obat Batuk 1
    Bahan :
    - 1 1/2 sdm air jeruk nipis
    - 4 sdm madu murni
    - 5 sdm air masak yang dingin
    Cara pembuatan:
    Semua bahan dicampur jadi satu dan diaduk secara merata, kemudian dikukus.
    Dosis Pemakaian :
    - Bayi usia 1-6 bln : Sehari 4 x 1/2 sdt
    - Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
    - Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
    - Anak usia 2-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm
    2. Ramuan Obat Batuk 2
    Bahan:
    - 1 genggam bunga belimbing wuluh segar
    - 1 siung bawang merah
    - 1/4 bagian buah pala
    - 1 sdm gula batu
    - 1/2 gelas air

    Cara Pembuatan :
    Bawang merah diiris menjadi 4 bagian. Buah pala dipukul menjadi bagian yang kecil-kecil. semua bahan dicampur, dimasukkan ke dalam mangkok kecil, ditutup, kemudian dikukus selama 1 jam. Air rebusan disaring, air saringan ini yang di minum.

    Cara Pemakaian :
    - Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
    - Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
    - Anak usia 3-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

    3. Ramuan Obat batuk 3
    Bahan ;
    - 3 jari kencur
    - garam sedikit
    - 3/4 cangkir air matang

    Cara Pembuatan :
    Kencur dikupas, dicuci bersih, kemudian diparut. Parutnya dialasi daun pisang atau plastik supaya kencur tidak menempel diparutan dan mudah diambil. Setelah itu, ditambahkan air matang dan garam, lalu disaring memakai kain bersih atau saringan teh.

    Cara pemakaian :
    - Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
    - Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
    - Anak usia 3-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

    Sumber: Buku ” Mengatasi Penyakit Pada Anak dengan Ramuan Tradisional” Oleh dr. Lestari Handayani, M.Med (PH) & Dra. Herti Maryani

    semoga membantu…thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s